Friday, October 30, 2009

PAPAN GYPSUM : DESKRIPSI PRODUK











Papan gypsum adalah salah satu produk jadi setelah raw material gypsum diolah melalui proses pabrik. Papan gypsum digunakan sebagai salah satu elemen dari dinding partisi dan plafon. Dulu sebelum papan gypsum popular, masyarakat menggunakan triplek sebagai bahan penutup plafon. Saat ini triplek menjadi material yang cukup mahal dikarenakan bahan baku pembuat triplek tersebut sudah sangat sulit didapat. Gipsum merupakan alternative yang tepat untuk menggantikan triplek, sayangnya masih banyak masyarakat yang belum melihat manfaat dari papan gypsum.

Perbandingan antara Papan Gipsum dan Triplek

Papan Gipsum
Triplek
Tahan api
Ya
Tidak
Tahan kelembaban
Ya
Tidak
Tahan benturan
Ya
Tidak
Mudah diperbaiki
Ya
Tidak
Harga untuk ketebal 9mm
Rp. 33.000 s/d Rp. 54.000
Rp. 102.000
* Papan gypsum tahan terhadap api karena gypsum termasuk kategori material yang non - combustible
Papan gypsum diklasifikasikan dari jenis performa papan dan ketebalannya. Secara lebih detil kita bahas sebagai berikut :


1.       Papan gipsum standard
Papan gipsum ini merupakan varian umum dari Papan Gipsum. Tebal yang tersedia yaitu 9mm, 12mm dan 15mm.

2.       Papan gipsum tahan api
Papan gipsum ini mempunyai performa ketahanan terhadap api, durasi ketahanan apinya tergantung dari sistem dinding partisi yang digunakan. Tebal yang tersedia yaitu  12mm dan 15mm

3.       Papan gipsum tahan kelembaban
Papan gipsum ini mempunyai performa ketahanan terhadap kelembaban, cocok digunakan untuk daerah – daerah yang lembab dalam bangunan, seperti toilet, dapur dan gudang. Bila papan gipsum ini digunakan sebagi dinding kamar mandi, maka disarankan untuk melapisi permukaan papan gipsum tersebut dengan keramik dinding, tahan kelembaban bukan berarti tahan air. Tebal yang tersedia yaitu 9mm, 12mm dan 15mm.

4.       Papan gipsum tahan benturan
Papan gipsum ini mempunyai performa ketahanan terhadap benturan. Mungkin kita akan bertanya – tanya, benturan apa yang sanggup ditahan oleh papan gipsum? Benturan yang dimaksud disini adalah benturan tubuh manusia, trolley, meja kursi dan sebagainya. Cocok dipergunakan di koridor, ruang fitness, dinding kamar rumah sakit dan sebagainya. Tebal yang tersedia yaitu 12mm dan 15mm.

Selain itu ada pula produk papan gipsum yang difungsikan untuk memperbaiki kualitas akustik ruang. Papan gipsum ini biasanya dibuat berperforasi atau “bolong – bolong”. Selain fungsi akustik, papan gipsum ini terlihat sangat indah penampilannya.

Dengan semua variasi papan gipsum dengan kehebatan – kehebatannya, sayang sekali bila kita masih menggunakan triplek dalam bangunan kita. Papan gipsum tidak membatasi kreatifitas desain seorang arsitek, bentuk datar dan lengkung dapat dengan mudah diaplikasikan. Dengan tidak meggunakan triplek, kita sudah berpartisipasi dalam membantu konservasi alam, tidak menggunakan kayu berarti menjaga hutan kita.


Bagaimanakan dengan anda?

2 comments:

  1. papan gypsum Rp17rb/lembar/pcs..

    http://unlockedkayu.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. sebagai tukang gypsum info ini sangat berharga bg saya.

    ReplyDelete